Tips Bikin Sepatu Sendiri (DIY)

by - 02.32

Cara Bikin Sepatu Untuk Pemula 
Sepatu adalah alas kaki sekalian satu diantara barang fashion untuk seorang, sepatu adalah barang yang simpel tetapi tak beberapa orang yang dapat bikin sepatu. Pada dasarnya kebanyakan orang dapat bikin sepatu kalau dia ingin belajar dan telaten dalam bikin sepatu, karena dalam bikin sepatu orang mesti memiliki ketrampilan didalamnya dan nilai plus untuk orang yang sukai seni karena dalam design sepatu kita dapat bikin pola dengan bagus. Dalam pemembuatan sepatu kita mesti sediakan barang dan bahan untuk bikin sepatu tersebut. Upayakan beli di tempat spesial penjualan barang dan bahan sepatu. Di sini saya akan menjelaskan Langkah Pembuatan Sepatu Khas Home Industri, dan oleh karena itu kita tak perlu memakai mesin-mesin sepatu berat dan mahal.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah 

Alat
Cetakan sepatu dari kayu/plastik yang mirip kaki
Mesin seset, bila bahan sepatu tebal seperti kulit tebal dan bahan imitasi lainnya
Palu spesial pembuatan sepatu
Tang jepit
Paku spesial pembuatan sepatu
Kompor dan minyak tanah
Open sederhana
Mesin Gerinda bila sepatu terbuat dari kulit
Pisau seset (pangot)
Mesin jahit

Bahan
Kulit atau bahan lain yang dapat dibuat jadi kap sepatu
Lem kuning
Lem putih
Kertas pengeras
Bensin
Sol sepatu
Benang nilon
Pen khusus
Bontek (alas dalam untuk pasangan penempelan kap sepatu)

*Belilah bahan dan barang ditoko khusus penjualan bahan sepatu dikota Anda.

Setelah alat dan bahan telah lengkap, awalilah dengan bikin jenis sepatu yang sesuai sama bentuk dari cetakan sepatu Anda. Bila jenis telah jadi maka akan didapat pola atau potongan cetakan kertas untuk bikin pola sepatu.


Di bawah ini beberapa langkah bikin sepatu 

- Pertama awalilah pola digambar dengan pen spesial dibahan yang akan jadikan sepatu (Kap sepatu), sesudah digambar, bahan dipotong-potong ikuti garis gambar pola sepatu. Potongan – potongan dikumpulkan dan dijahit dengan benang nilon sesuai sama pola yang ada sampai membuat sepasang kap sepatu. Ingat bila bahan/kulit lebih tebal maka sisi yang akan terkena jahitan mesti di seset dengan mesin seset agar sisi ini jadi rata dan tak menonjol dengan sisi yang lain.

- Seputar bawah Kap sepatu di lem sisi pinggirnya dengan tinggi lebih kurang 5mm dengan lem kuning, dan bontek yaitu seperti bahan kardus tebal yang digunting/dibuat mirip sol sepatu untuk sisi dalam dan seputar tepi bontek ini dilem kuning kemudian dipaku dengan paku spesial pada cetakan sepatu.

- Kap sepatu telah usai dilem dan bontek juga telah dilem dan dipaku ke cetakan sepatu, lalu setelah itu dipasang kertas pengeras dibagian depan dan belakang kap septu maksudnya agar depan dan belakang sepatu nanti dapat kaku, ingat sebelumnya kertas pengeras dimasukan kedalam kap sepatu terlebih dulu dibasahi dengan bensin agar pengeras ini dapat lembek untuk sesaat dan dapat di lem dengan lem kuning lalu ditempel dibagian dalam kap sepatu. Kap yang telah dipasang pengeras mesti selekasnya di input dalam cetakan sepatu dan setelah itu kap dipasang ke cetakan sepatu, lantas seputar kap sepatu ditarik kebawah dan ditempelkan ke bontek tadi dengan memakai tang spesial, lalu dipalu agar bahan/kulit dan bontek melekat dengan baik. Sesudah berupa dan cetakan telah berbalut bahan/kulit, taruhlah minimum 6 jam agar lem dan pengeras telah bekerja optimal.

- Sesudah 6 jam, dan biarlah seperti itu lalu saksikan sisi bawah hasil cetakan tadi adakah sebagian benjolan bahan/kulit, bila ada selekasnya ratakan dan atur dengan pisau seset (pangot).

- Sediakan sol sepatu dan setelah itu dilem dengan lem putih, lem putih ini dapat dioles-oleskan di bagian bawah kap sepatu hasil cetakan tadi, dan kondisi cetakan masihlah ada di dalam kap sepatu. Biarlah lem putih ini kering (lebih kurang 10-15 menit) pada sol dan bawah kap sepatu

- Sol dan kap bawah telah dilem lantas bersiaplah untuk tempelkan pada kap bawah dan sol. Sebelumnya ditempelkan nyalakan kompor dan taruh diatasnya alat open simpel. Lantas sol di open sebentar lebih kurang 1 menit bergantung besar kecilnya api, bila sol telah mulai lentur maka ambillah dan tempelkan di bagian bawah kap yang ada pada cetakan sepatu. Sisi pemasangan Sol yaitu sisi paling sulit bila masih tetap dalam step belajar.

Itulah penjelasan singkat Pembuatan Sepatu Khas Home Industri, mudah-mudahan berguna dan mohon maaf bila ada kekurang jelasan dari artikel ini, sekian terimakasih.

You May Also Like

0 komentar